Cara agar semua subdomain terbaca oleh Cloudflare

Assalamu’alaikum 🙂

Halo, sob, apakah anda adalah pengguna Cloudflare baik untuk CDN ataupun DNS Manager dengan mengalihkan Nameserver pada domain anda? Jika iya, apakah anda repot kalo anda harus menambahkan A Record secara manual untuk setiap subdomain yang sudah anda buat? Apalagi jika subdomainnya sudah banyak sekali dan/atau web/blog yang diberikan fungsi dengan sedemikian rupanya agar subdomain di buat secara otomatis, seperti Blogging Service atau Blog yang memiliki Multisite dengan Wp-Multisite (misalnya).

Agar subdomain anda bisa di cover oleh DNS Cloudflare, maka anda harus menggunakan Wildcard pada DNS Record anda.

Makanya saya posting ini agar dapat mempermudah kamu untuk menambahkan subdomain kedepannya tanpa harus menambahkan A Record secara manual di Cloudflare.

Saya juga gitu, kok, selama saya pakai Cloudflare, maka A Record mau gak mau harus saya tambahkan secara manual. Tidak seperti jika saya memakai DNS bawaan Hosting/Internal Web Hosting, yang bisa di tambahkan secara otomatis setelah Subdomain sudah di buat. Hal tersebut saya lakukan agar subdomain dapat terhubung dengan server hosting, lalu terhubung dengan domain utama.

Bagaimana caranya? Silahkan anda baca artikel ini untuk mengetahui caranya 🙂

Bagaimana Caranya?

Caranya sederhana sekali, anda tinggal masukkan tanda bintang “*” (tanpa kutip) pada saat menambahkan A Record (Atau, bisa gunakan juga Record lain) di DNS Manager Cloudflare anda. Contohnya seperti yang dibawah ini :

Wildcard A Record di CloudFlare

Ini adalah contoh memasukkan tanda bintang/Wildcard pada A Record. Itu yang di blur pasti anda tahu lah itu apanya 😀

Yup, anda tinggal masukkan tanda bintang untuk mewakili semua subdomain anda yang sekarang atau yang akan datang, alias Wildcard, seperti pada screenshot di atas. Gampang sekali, bukan?

Tapi, saat menambahkan, ‘awan’ yang di sebelahnya di nonaktifkan dulu sampai warna ‘awan’ menjadi abu-abu. Kamu klik ‘awan’ tersebut saat ingin menambahkan DNS Record, bukan pada DNS Record yang sudah ada.

Sebagai pembuktian (walaupun sebenarnya kurang kuat sih 😀 ), anda bisa coba untuk mengunjungi subdomain saya yang telah saya buat. Yaitu: https://test-dnsrecord.farrel-f.id. Halaman tersebut tolong jangan di buat serius, saya cuman buat test file saja disitu 🙂

Bukti lain? Silahkan lihat screeenshot nya 🙂

DNS Record di CloudFlare dengan Wildcard A Record

Yang di atas ini adalah DNS Manager Cloudflare saya yang sudah terpasang dengan Wildcard A Record 🙂 (Maaf yah kalo agak jelek gambarnya, soalnya habis di optimasi 😀 )

DNS Record pada gambar di atas, A Record saya ada dua dan dibawahnya pasti DNS Record lainnya, seperti CNAME, TXT, SRV, dll. Kenapa? Karena tabel itu di urutkan berdasarkan Kolom “Type” secara Ascending, jadi A Record yang terlebih dahulu tampil diatas nya. Hal tersebut membuktikan bahwa saya telah memakai Wildcard pada A Record. Cukup Jelas?

Yah, itulah salah satu cara agar mencover semua subdomain ke dalam DNS Manager Cloudflare. Dengan ini, anda bisa dengan nyamannya untuk menambahkan subdomain anda, tanpa harus menambahkan A Record secara manual.

 

Tapi….

Apakah ada yang janggal dengan pembahasan dan screenshot di atas? Yap, tanda ‘awan’ di samping nya tidak ada, yang berarti anda tidak bisa menggunakan CDN dan Fitur dari Cloudflare dengan kondisi DNS Record yang ber-Wildcard. Singkatnya: Cloudflare tidak bisa mem-proxy kan WIldcard pada DNS Record nya.

Jika anda ingin menggunakan CDN dan Fitur dari Cloudflare untuk semua subdomain anda atau untuk Record yang ber-Wildcard, maka anda harus berlangganan paket Enterprise untuk dapat menikmati fitur tersebut.

Lha, terus gimana kalo mau pake CDN dan menikmati Fitur dari Cloudflare? Gampang, anda tinggal tambahkan dengan memasukkan DNS Record yang spesifik, yang artinya perlu anda masukkan dengan manual record nya, tanpa menggunakan Wildcard.

Yap, masukkan Record yang ingin anda coverkan dengan CDN dan Fitur Cloudflare, seperti anda memasukkan Record anda dengan manual dulu. (Seperti pada screenshot di atas contohnya)

Setelah itu, klik pada ‘awan’ nya, dan akhirnya tercover sudah dengan Cloudflare, hehe 🙂

Udah, segitu aja dulu pembahasan ini. Kalau ada pertanyaan lain, silahkan berkomentar di bawah, tapi sebelum itu anda baca terlebih dahulu Pertanyaan dan jawabannya di halaman berikutnya (Halaman 2) 🙂

Mungkin Anda juga menyukai