Cara Menginstall DNSCrypt-Proxy v2 di Ubuntu/Linux Mint

Logo DNSCrypt-Proxy 2

Gambar di atas merupakan Logo DNSCrypt-Proxy 2, dan di buat oleh Frank Denis (jedisct1). Sumber Gambar: https://github.com/jedisct1/dnscrypt-proxy

Assalamu’alaikum ūüôā

Halo, sob. Sebelumnya, saya sudah memposting tentang DNS Publik Cloudflare (1.1.1.1), dan saya disitu berkata bahwa saya akan membuat artikel ini. Ya, sudah saya tepati itu (bukan janji, lebih tepatnya ke komitmen diri aja sih, hehe ūüėÄ ).

Di hampir pertengahan bulan puasa Ramadhan ini, saya akan memposting tentang Cara Menginstall DNSCrypt-Proxy v2 di Ubuntu/Linux Mint. Implementasi DNSCrypt untuk menggantikan Alamat DNS memang bisa di lakukan dengan mudah kalau anda pengguna Sistem Operasi Windows, anda download dan install Simple DNSCrypt untuk itu, dan anda tinggal klak-klik saja.

Namun, untuk pengguna Sistem Operasi berbasis GNU/Linux, tidaklah demikian. Instalasi disana memang cukup rumit kalau di lihat dari dokumentasi nya. Apalagi kalau Distro (atau turunan Distro) yang anda gunakan itu selain dari yang ada di dokumentasi, seperti Ubuntu, Debian, Linux Mint, ArchLinux, Gentoo atau Pi-hoo.

Nah, yang saya posting ini, khusus untuk pengguna Ubuntu/Linux Mint, mengingat banyak sekali yang menggunakannya, baik secara langsung ataupun melalui turunannya. Install nya cukup mudah, namun konfigurasi nya sedikit sulit nanti. Namun, tentang saja, saya akan menjelaskannya sejelas mungkin.

Sudah cukup untuk basa-basi nya, jika anda ingin mengimplementasikan DNSCrypt dengan menginstall DNSCrypt-Proxy 2 di Ubuntu/Linux Mint anda, silahkan baca artikel ini dan langsung di mulai ūüôā

Instalasi DNSCrypt-Proxy 2

Ini merupakan bagian instalasi DNSCrypt-Proxy 2, disini anda terlebih dahulu untuk menginstall DNSCrypt-Proxy nya sebelum melakukan konfigurasi nya nanti.

Ada beberapa metode yang bisa anda gunakan untuk menginstall DNSCrypt-Proxy ini, berikut metode yang bisa anda gunakan untuk menginstall DNSCrypt-Proxy nya (pilih salah satu, yah):

Metode 1: Menggunakan Ubuntu PPA (Paling mudah)

NOTE: Saya belum mencoba metode ini di Linux Mint saya, dan saya cuman menggunakan Metode manual untuk instalasi nya. Cara tersebut, semuanya saya ambil dari sini.

Metode tersebut adalah yang paling mudah menurut saya, anda tinggal menambahkan Repository PPA nya, lalu install. 

Jika anda menggunakan DNSCrypt-Proxy versi lama (versi 1 atau di bawahnya), sebelum anda menginstall versi terbaru dengan cara ini, maka anda perlu membackup terlebih dahulu file Systemd Serivice dan Socket, lalu di hapus file Systemd Service nya dari Sistem (Kalo Socket nya sih, jangan). Atau, jika kamu menggunakan DNSCrypt-AutoInstall, maka uninstall terlebih dahulu DNSCrypt-AutoInstall nya.

Setelah itu, anda install DNSCrypt-Proxy v2 nya atau jika anda belum menginstall DNSCrypt-Proxy nya sama sekali, anda bisa menginstallnya dengan cara seperti di bawah ini:

sudo add-apt-repository ppa:shevchuk/dnscrypt-proxy && \
sudo apt update && \
sudo apt install dnscrypt-proxy

Oh, ya, di Ubuntu 18.04 LTS (Bionic) sepertinya anda tidak perlu untuk menggunakan perintah sudo apt update lagi, melainkan langsung install saja.

Biasanya cara seperti ini akan mengalihkan semua lalu lintas DNS ke DNSCrypt-Proxy secara otomatis setelah instalasi selesai. Jadi, anda tidak perlu di pusingkan lagi untuk meng-konfigurasi Alamat DNS untuk setiap koneksi internet yang ada. 

Perlu anda ingat, bahwa mungkin cara PPA ini tidak kompatibel dengan Ubuntu Xenial Xerus (16.04 LTS) dan turunannya seperti Linux Mint 18, dan juga versi ini belum tentu juga ter up to date DNSCrypt-Proxy nya dari Repo PPA, silahkan anda kunjungi Repo PPA nya untuk melihatnya.

Tapi, mungkin (mungkin, lho, yaa, soalnya saya belum pernah coba cara ini) ini bisa di atasi dengan mengubah dari artful ke xenial pada file sources.list nya, dimana itu? Biasanya di /etc/apt/sources.list.d, cari yang file berkaitan dengan dnscrypt-proxy atau file dnscrypt-proxy.list. Kalo udah ketemu, kamu bisa mengeditnya dengan nano (jika ingin langsung mengeditnya lewat terminal), gedit (untuk Ubuntu), kate (untuk Kubuntu atau Linux Mint KDE), xed (untuk Linux Mint Cinnamon), dll.

Anda akan menemukan artful disitu, ubah menjadi xenial, dari:

deb http://ppa.launchpad.net/shevchuk/dnscrypt-proxy/ubuntu artful main 
deb-src http://ppa.launchpad.net/shevchuk/dnscrypt-proxy/ubuntu artful main 

Menjadi:

deb http://ppa.launchpad.net/shevchuk/dnscrypt-proxy/ubuntu xenial main 
deb-src http://ppa.launchpad.net/shevchuk/dnscrypt-proxy/ubuntu xenial main 

Save file tersebut, kemudian jalankan perintah sudo apt update, lalu install DNSCrypt-Proxy nya.

NOTE: Mungkin cara di atas memang tidak bisa, karena pada dasarnya mereka tidak menyediakan Package untuk Xenial nya, hehe ūüėÄ

Sepertinya itu yang saya sampaikan untuk metode ini, selanjutnya yaitu menginstall DNSCrypt-Proxy v2 dengan metode manual. Tenang, anda tidak harus pake compile-compile an, kok, cuman copy paste file, setting jaringan, disertai dengan sedikit perintah untuk melakukan softlinking dan agar file tersebut bisa di eksekusi, meski dalam softlink.

Kamu bisa lihat halaman berikutnya jika ingin menginstall nya dengan metode manual ūüôā

Mungkin Anda juga menyukai