Let’s Encrypt Support Wildcard pada 27 Februari nanti (Lagi ditunda)

Logo Let's Encrypt

Assalamu’alaikum 🙂

Halo, sob. Hari ini saya ingin membagikan sebuah kabar yang mungkin cukup gembira bagi yang belum tahu dan buruk bagi yang tahu bulan sebelumnya, dan menanti-nanti nya.

Yap, kalau Let’s Encrypt CA akan mendukung penggunaan Wildcard pada tanggal 27 Februari 2018 nanti. Lho, bagaimana dengan ‘janji’ yang katanya di bulan Januari? Ini yang akan saya jelaskan di artikel.

Anda yang sebagai blogger atau pun web developer pastinya tidak asing dengan CA yang satu ini, kan? Ya, CA ini memberikan SSL Gratis pada pengguna nya, hal ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan transaksi di dalam Blog atau Web nya, meski tanpa atau tidak ada jaminan garansi.

Sebelumnya Let’s Encrypt belum mendukung/support penggunaan Wildcard pada SSL nya. Lantaran keterbatasan yang di miliki oleh Let’s Encrypt itu sendiri. Namun, sebenarnya Let’s Encrypt sekarang sudah mendukung penggunaan Wildcard, pada bulan Januari yang lalu. Lho, tadi bukannya bilang tanggal 27 Februari? Ini yang akan saya jelaskan nanti di dalam artikel nya, silahkan anda membaca artikelnya lebih lanjut 🙂

UPDATE 27 Februari 2018: Perilisan ini ternyata bukan tanggal 27 Februari 2018 atau sekarang, melainkan di tunda sampai waktu yang tidak di tentukan. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda baca artikel ini 🙂

Di Bulan Januari lalu, Let’s Encrypt Sudah mendukung Wildcard, tapi…..

Di bulan Januari yang lalu (lebih tepatnya tanggal 4 Januari 2018), Let’s Encrypt sebenarnya sudah mendukung pemasangan Wildcard pada SSL nya. Tapi, itu hanyalah sebatas ujicoba, bukan untuk penggunaan publik. Jadi, status Wildcard di Let’s Encrypt itu masih dalam tahap beta alias belum jadi atau tidak dirilis untuk publik alias belum bisa di gunakan.

Kenapa kok gak bisa di pake? Sebab, mereka menguji Metode Verifikasi dan Protokol terbarunya, yaitu ACME v2, yang mana itu di perlukan untuk memasang Wildcard SSL Let’s Encrypt.

Mungkin karena ingin memastikan agar Let’s Encrypt saat di install (digunakan) oleh pengguna, maka tidak terjadi error untuk kedepannya. Makanya mereka menguji fitur ini terlebih dahulu.

Jadi, sebenarnya di bulan Januari lalu, Let’s Encrypt sudah mendukung pemasangan Wildcard SSL, dan itu bukanlah berita bohong alias PHP (Pemberi Harapan Palsu). Melainkan saat ini sedang di ujicoba dan tidak dirilis ke publik untuk sekarang.

Jika ada kesalahan pada Let’s Encrypt nya saat menguji coba Wildcard SSL nya, biasanya mereka akan menyelesaikannya.

 

Saya mau nyoba dulu, gimana?

Ya udah, kamu pake aja layanan Easy HTTPs untuk menggunakan Let’s Encrypt yang ber Wildcard (asal dari China) atau bisa gunakan script dari acme.sh agar anda bisa nyoba (untuk Pengguna VPS/Server). 

Tapi, seperti yang saya bilang, itu cuman ujicoba, bisa jadi nanti kedepannya ada kesalahan saat menggunakannya. Jadi, mohon untuk tidak berharap lebih 🙂

Oh, iya, untuk Easy HTTPs, private-key dan CSR nya tidak bisa di buat oleh kita sendiri (User sendiri) dan hanya di generate nanti disana. Dan, bisa coba versi berbayarnya jika ingin membuat CSR dan Private Key nya sendiri 🙂

Tapi, saat anda mau mencobanya, sertifikat tersebut tidak bakalan bisa anda gunakan dan browser tidak akan mempercayai/mengakuinya, sebab yang di uji itu adalah verifikasi dan protokol nya yang di perlukan untuk Wildcard. Jadi, SSL nya tidak bakalan bisa jalan 😛

 

“Deadline” nya tanggal 27 Februari 2018

Ya, inilah tanggal yang mana Let’s Encrypt akan mendukung Wildcard secara penuh, alias fitur tersebut dirilis untuk publik dan siap di gunakan oleh pengguna akhir (end-user). Bersamaan dengan Protokol ACME v2 API nya yang mana itu di perlukan untuk memasang SSL Let’s Encrypt yang ber-Wildcard.

Anda bisa melihatnya lebih lanjut di website nya, serta halaman web nya untuk mengetahui fitur yang akan datang.

Update 27 Februari 2018: Fitur tersebut ditunda terlebih dahulu, sampai waktu yang tidak di tentukan, silahkan lihat kelanjutannya di bawah 🙂

 

Eitt, jangan senang dulu..

Lho, kenapa? Let’s Encrypt dengan fitur baru pasti memerlukan software dan library yang terbaru pula. Terutama bagi yang menggunakan Kontrol Panel (seperti Sentora, Kloxo-MR, VestaCP, dll) yang mana itu sudah mendukung Let’s Encrypt secara default alias sudah bawaan.

Jadi, jika anda menggunakan kontrol panel tersebut yang mana itu tidak memiliki module Let’s Encrypt lainnya yang bisa anda download/install pada kontrol panel anda atau tidak bisa di update module bawaannya, karena sudah tidak di kembangkan lagi (baik module nya ataupun kontrol panel nya), dll. Maka, jangan harap untuk bisa menggunakan Let’s Encrypt yang ber Wildcard secara langsung di Kontrol Panel nya.

Jika anda berkenan, maka bisa anda gunakan certbot atau gunakan script acme.sh pada VPS atau Server anda, untuk menggunakan SSL dari Let’s Encrypt yang ber-Wildcard. Atau, bisa anda gunakan cara anda sendiri agar bisa menggunakan Let’s Encrypt yang ber-Wildcard. Atau, sekalian saja lepaskan kontrol panel dan ucapkan selamat tinggal 😀

Tapi, nanti dulu yah, sekarang belum dirilis dan belum bisa di pake, sabar dulu ya sob, hehe 😀

 

UPDATE 27 Februari 2018: Perilisan Wildcard SSL mengalami penundaan?

Saya barusan lihat-lihat forum Let’s Encrypt, dan ketemulah sebuah postingan bahwa DIrektur Eksekutif dari Internet Security Research Group, Josh Aas, mengatakan seperti di bawah ini:

We previously communicated that we would launch ACMEv2 and wildcard certificate support on February 27th. ACMEv2 and wildcard support is nearly ready but we will be delaying the full launch in order to give our teams more time to complete testing and quality assurance activities. While we work hard to hit deadlines, we are inclined to prioritize a quality release over hitting a deadline.

Intinya, beliau mengatakan bahwa peluncuran ini di tunda terlebih dahulu, sebab tim mereka meminta waktu atau dia memberikan waktu kepada tim nya untuk melakukan pengujian yang lebih lengkap atau lebih banyak dan melakukan kegiatan penjaminan mutu/kualitas pada Wildcard SSL yang akan datang.

Anda bisa mengunjungi Thread mengenai Delay tersebut di Forum Komunitas Let’s Encrypt untuk lebih lengkapnya. Ya, memang udah seminggu yang lalu, cuman tadi saya gak ngeliat, hehe 😀

Untuk waktu perilisannya, sesuai perkataannya di forum, ya belum jelas, diperkirakan masih pada Kuartal Pertama di Tahun ini (2018). Bisa anda kunjungi halaman web Let’s Encrypt untuk sumbernya 🙂

 

Kesimpulan dan Penutup

Sebenarnya, Let’s Encrypt sudah Support Wildcard sudah pada tanggal 4 Januari 2018 yang lalu, tapi itu masih sebatas uji-coba saja, belum dirilis ke publik alias tidak bisa di gunakan untuk umum.

Dan, akan di support secara penuh pada tanggal 27 Februari 2018 yang akan datang, gak lama kok, anda juga bisa nunggu beberapa hari lagi dengan hitungan jari. 

UPDATE 27 Februari 2018: Masih belum merilis Wildcard SSL nya untuk umum (ditunda) sampai tidak di tentukan waktunya, yang jelas masih di kuartal pertama 2018. Mohon maaf, apabila saya terlambat memberikan informasi ini 🙂

Mohon maaf apabila ada kesalahan pada artikel ini, dalam bentuk apapun juga. Jika saya ada kesalahan, maka bisa kalian gunakan kolom komentar di bawah. Insya Allah saya akan membalas dan mengubah artikel ini jika situasi dan kondisi nya mendukung.

Saya akhiri artikel ini dengan mengucapkan

Wassalamu’alaikum 🙂

Mungkin Anda juga menyukai