Migrasi dari farrel-f.id ke farrelf.blog

Assalamu’alaikum 🙂

Halo, sob. Hari ini saya memutuskan untuk memigrasikan semua blog saya, dan menggantikan alamat domain yang semula dari farrel-f.id, menjadi farrelf.blog.

Jadi, selain saya memindahkan domain saya ke farrelf.blog, saya juga memutuskan untuk Pindah Hosting juga, karena saya ingin mencoba hosting lain nya.

Hosting yang saya gunakan sekarang yaitu WPinter, disini memang Gratis (karena masih beta, mungkin?) namun sudah di optimalisasi sedemikian rupa, jadi saya sendiri gak perlu pusing-pusing ngurusin hal seperti itu lagi.

Mohon maaf jika blog nya memang belum jadi, karena memang blog ini masih dalam tahap konfigurasi. Jadi, harap bersabar. Untuk perkembangan lebih lanjutnya, silahkan anda baca artikel ini lebih lanjut 🙂

To-Do List

Karena blog ini belum jadi, saya akan membuat To-Do list nya disini, agar kalian bisa melihat nya secara langsung. Di bawah ini merupakan apa yang saya lakukan untuk mengkonfigurasi blog ini:

  1. Memigrasikan semua Artikel, komentar, Gambar, dll.
  2. Memasang Google Analytics.
  3. Menggunakan CDN pada Gambar menggunakan Staticaly.
  4. Mengatur Meta tag.
  5. Memasang Iklan di dalam Blog.
  6. Memasang Tema, mengaktifkannya dan mengkustomisasinya.
  7. Mengalihkan Domain pada Disqus ke farrelf.blog
  8. Mengkustomisasikan Widget dan Link ke Sosial Media.
  9. Mengkonfigurasikan Disqus agar bisa melakukan Sinkronisasi.
  10. Mengkonfigurasikan Tema dengan memanfaatkan Child Theme. (Update: 07 Desember 2018)
  11. Mengaktifkan beberapa Plugin yang sekiranya perlu untuk blog ini. (Update: 07 Desember 2018)
  12. Memperbaiki semua artikel, yang semula (mungkin) kacau.

Saya tidak mungkin melakukan semua yang di atas sekaligus, mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membereskannya, karena keterbatasan sumber daya, maklum blog ini hanya milik seorang. Melakukan hal di atas bukan berarti saya memutuskan untuk berhenti menuliskan artikel, saya bisa saja melanjutkan untuk menulis.

Ini artinya, saya akan melanjutkan untuk menulis artikel ini sambil melakukan konfigurasi di dalam blog ini. Untuk apa yang saya lakukan, nanti akan saya update disini, tertera dengan tanggal nya.

 

Lho, kok kenapa kayak buat awal gini?

Karena Hosting yang saya tempati (WPinter) itu bukanlah merupakan layanan Web Hosting yang pada umumnya (seperti Shared Hosting, dsb), melainkan merupakan Layanan WordPress Multisite. Jadi, untuk Install, dan Hapus Plugin, Tema beserta melakukan konfigurasi Child Theme itu merupakan wewenang Super Admin.

Selain itu, di WPinter sendiri belum terinstall beberapa plugin-plugin dan belum melakukan konfigurasi terhadap Child Theme yang saya butuhkan untuk blog ini, yang pada akhirnya saya menunggu agar Plugin dan konfigurasi tersebut sudah terinstall.

UPDATE 07 Desember 2018 – Plugin yang di perlukan sudah terinstall semua dan konfigurasi Tema sudah selesai di lakukan.

Sudah sekian terlebih dahulu untuk pemberitahuan nya. Terima kasih bagi anda yang membaca Artikel Pemberitahuan ini ^_^

Kredit Gambar Illustrasi/Illustrasi di Buat oleh: hanss dari Shutterstock.com.

Mungkin Anda juga menyukai